Spesifikasi dan Harga Gadget Terbaru

MariaDB atau MySQL yang Bagus?

Advertisement

Memilih Jenis Database yang Terbaik - MariaDB merupakan nama Database yang mungkin sebagian orang baru mengenal atau mendengar nama Database yang satu ini. Karena Database yang mungkin sering digunakan adalah MySQL. Walaupun MySQL merupakan database yang boleh dikatakan lebih populer dari MariaDB, namun untuk saat ini sudah banyak yang telah melakukan migrasi menggunakan Database MariaDB. Apa sih perbedaan MariaDB dan MySQL? mana yang lebih baik MySQL dibandingkan dengan MariaDB?

pilih mysql atau mariadb
Berpindahnya Database perusahaan raksasa Google dari sebelumnya memakai MySQL ke MariaDB membuat banyak orang beranggapan bahwa MariaDB jauh lebih stabil dibandingkan dengan MySQL. Ditambah lagi dengan situs besar seperti Wikipedia yang juga mengganti mesin Database mereka ke MariaDB.

MySQL dulunya milik Sun Microsystem sebelum diambil alih oleh Oracle. Dan sepertinya MySQL yang dulunya gratis, kini oleh Oracle dibuat dengan system premium. Sehingga pemilik lama MySQL membuat database baru yang dinamakan dengan MariaDB. Salah satu kelebihan MariaDB adalah karena performannya yang cukup bagus dan tidak berat serta kompitable dengan MySQL. Jadi jika sebelumnya anda menggunakan MySQL untuk database website yang anda miliki dan ingin mengantinya dengan MariaDB, maka hal itu tidak akan menimbulkan trouble, dan bisa dilakukan dengan beberapa klik saja.

MariaDB bersifat free alias gratis. Diklaim memiliki storage engine yang lebih banyak dibandingkan dengan MySQL. Dengan migrasinya dua perusahaan raksasa Wikipedia dan Google ke MariaDB banyak yang beranggapan bahwa database MariaDB jauh lebih bagus dibandingkan MySQL. Namun jika kita perhatikan seperti perusahaan-perusahaan hosting saat ini masih menggunakan MySQL sebagai default, sehingga MySQL masih lebih familiar dan teruji.

Baca juga Mengenal apa itu VPS? dan fungsinya untuk apa?

MariaDB atau MySQL yang Bagus? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: DAnish Fathurrahman

0 comments: