Spesifikasi dan Harga Gadget Terbaru

Cara Backup dan Restore File di HP Android

Advertisement

Melakukan Backup dan Restore di HP Android - Hal yang mungkin banyak yang belum menyadari bahwa ketika HP Android di reset ke setelan pabrik akan menghapus semua data atau file yang pernah di download serta nomor kontak yang tersimpan di memory internal handphone. Agar file-file tersebut tidak terhapus atau hilang ketika melakukan reset smartphone Android maka kita harus terlebih dahulu melakukan backup dan kemudian merestorenya setelah reset HP berhasil dilakukan.

Tidak hanya file-file download dan kontak yang tersimpan di memory internal saja yang akan terhapus, juga aplikasi seperti BBM dan aplikasi lainnya yang terinstall di memori internal handphone akan otomatis terhapus. Jadi melakukan backup sangat penting sekali untuk menjaga data dan aplikasi kita supaya tidak hilang. Untuk aplikasi yang terinstall di memori internal HP maka otomatis akan terinstall setelah melakukan restore.

cara backup data file di android
Proses backup dan restore di HP Android sama seperti di PC. Backup berarti melakukan penyimpanan atau menyalin sementara file dan aplikasi serta nomor kontak. Sedangakan restore adalah mengembalikan salinan file tadi ke tempatnya masing-masing.

Backup dan restore file Android diartikel ini, kita akan menggunakan aplikasi CWM (Clock Work Mod), sebelum melakukan backup menggunakan CWM, HP android teman-teman harus terlebih dahulu di root. Silahkan searching di google untuk cara melakukan root HP Android sesuai dengan type yang teman-teman punya.

  1. Masuk ke recovery dengan terlebih dahulu mematikan HP Android teman-teman. Kemudian kombinasikan tombol power dan + Volume Up. 
  2. Pilih backup dan restore.
  3. Silahkan pilih backup.
  4. Ponsel akan otomatis memproses backup file. 
  5. Selanjutnya reboot Ponsel Androidnya
  6. Untuk melakukan restore ulangi langkah diatas dan masuk ke menu Backup dan restore
  7. Kemudian pilih restore. 
Untuk file restorenya biasanya tersimpan di SD Card/ClockWorkMod/Backup. Nah cukup mudah bukan melakukan backup dan restore menggunakan aplikasi CWM ini. Dari pada harus melakukan install manual satu persatu aplikasi, kenapa tidak dibackup saja supaya memudahkan kita. Dari segi waktu tentu lebih efisien ditambah lagi dengan tidak mebutuhkan kuota internet.

Cara Backup dan Restore File di HP Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Meutia Habibin-Nur

0 comments: