Spesifikasi dan Harga Gadget Terbaru

Mengenal Apa Sih VPS itu? dan Kegunaannya untuk Apa?

Advertisement

Pengertian dan Kegunaan VPS - Bagi anda yang sering berselancar di dunia maya (internet) mungkin pernah membaca tentang VPS, atau membaca status teman anda di facebook anda yang membicarakan tentang VPS. Fungsi VPS itu untuk apa sih?. Nah uraian berikut akan membantu anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan bagi yang belum paham atau masih newbie tentang VPS. VPS adalah Virtual Private Server, atau istilah mudahnya server dalam bentuk virtual yang dapat kita sewa sesuai kebutuhan seperti spesifikasi RAM, core dan lain sebagainya. Server atau VPS (Virtual Private Server) tersebut ibarat sebuah komputer maya yang juga dapat diinstall system operasi seperti Linux Debian, Fedora, Ubuntu, Centos hingga system operasi windows.

fungsi dan kegunaan VPS
Jika kita perhatikan dari kata Virtual Private Server (VPS), mungkin sebagian kita ada yang bertanya kenapa private? nah inilah kelebihan dari sebuah VPS yang bersifat private yaitu kita sendiri yang menggunakannya tanpa dibebani oleh user yang lain. Jadi jika kita mengorder atau menyewa sebuah VPS untuk hosting sebuah blog, maka server atau VPS yang kita sewa tadi bebas kita gunakan tanpa terikat oleh peraturan-peraturan seperti yang dijumpai dalam dunia perusahaan shared hosting yang servernya dipakai secara rame-rame sehingga jika ada salah satu user yang menggunakan bandwith diluar batas maka user yang lain dalam satu server akan terganggu. Namun belakangan dengan adanya teknologin cloud linux masalah tersebut mulai dapat teratasi.

Sebagaimana yang disebutkan diatas salah satu kegunaan VPS adalah untuk hosting sebuah blog atau website yang sebelumnya harus terinstall control panel yang dapat memudahkankita dalam memanajemen blog-blog yang kita orbitkan pada sebuah VPS. Disamping VPS untuk hosting, bisa juga digunakan untuk membuat radio streaming atau radio online. Sehingga saat ini radio yang sebelumnya bersifat konvesional mereka sudah mulai menyediakan fitur untuk streaming yang bisa diakses baik dari komputer maupun sebuah gadget yang terkoneksi kejaringan internet.

Menyulap sebuah VPS untuk internet SSH nampaknya sudah marak, walaupun menurut sebagaian pendapat kegiatan menjemput bandwith ke VPS termasuk kegiatan ilegal karena menggunakan jaringan operator yang terkadang tidak memerlukan biaya kuota maupun pulsa.

Mengenal Apa Sih VPS itu? dan Kegunaannya untuk Apa? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: DAnish Fathurrahman

0 comments: